Saturday, August 31, 2013

Rp17 Triliun untuk Pemilu, SBY Minta 3 Institusi Ini Tak Main-main

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan penyelenggara pemilu menjalankan tugas dan kewajibannya penuh tanggung jawab mengingat biaya yang dianggarkan tidak sedikit. Pemerintah menganggarkan Rp17 triliun untuk Pemilu 2014 untuk didistribusikan ke Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

"Belum lagi biaya yang akan disediakan oleh para peserta Pemilu. Sungguh ini sebuah perhelatan demokrasi yang sangat akbar, tidak saja bagi negeri ini, namun juga dalam bandingannya dengan pemilu di negara-negara demokrasi lainnya," kata SBY di Gedung DPR/MPR/DPD, Jumat 16 Agustus 2013.

Karenanya SBY berharap semua pihak yang terkait dapat memikul tanggung jawab yang sebesar-besarnya agar pemilu dapat berjalan dengan demokratis. SBY meminta tiga lembaga yang terkait langsung juga saling bahu membahu bekerjasama dalam memenuhi tugas sesuai dengn kewenangan yang diatur dalam UU.

Dia berharap pemilihan umum di tahun 2014 berlangsung secara lancar, tertib, dan damai. Syaratnya, penyelenggaraan pemilu memenuhi semua standar yang berlaku secara universal, yang dalam tradisi demokrasi haruslah bersifat bebas dan adil. "Apa yang sudah kita capai dalam tiga pemilu demokratis sebelumnya, perlu kita pertahankan dan bahkan kita tingkatkan," katanya.
SBY berharap agar partai-partai politik peserta pemilu menjadikan Pemilu 2014 sebagai kesempatan penting untuk meningkatkan kualitas demokrasi di negeri ini. Meningkatkan kualitas demokrasi di tanah air merupakan agenda bersama.  "Untuk itu, partai politik hendak-nya membangun hubungan yang lebih akuntabel dengan para konstituennya," kata dia.

"Setiap wakil rakyat hendaknya menjaga kepercayaan yang diberikan para pemilihnya, dan menjadikan amanah tersebut sebagai perjanjian luhur dengan rakyat yang diwakilinya," kata dia.(sj)

(function(d, s, id) {var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];if (d.getElementById(id)) return;js = d.createElement(s); js.id = id;js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=67839049483";fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));Ya betul itu!! Tidak boleh manipulasi duit 17 triliun itu!! Ngngng... Tapi kalo manipulasi rekap suara pemilih boleh gak pak??SBY berharap pemilihan umum di tahun 2014 berlangsung secara lancar, tertib, dan damai. Kok kata-kata Jujur tidak termasuk yang diharapkan ya elbantary 16/08/2013 Sangat disayang uang sebanyak itu digunakan untuk memilih para calon koruptor baru.

Sumber: VivaNews.com

No comments:

Post a Comment